MATERI 1
MICROSOFT POWERPOINT
Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Dennis Austin dan Bob Gaskins adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan Forethought. dan kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word dan Excel.
>KELEBIHAN MS POWERPOINT
1) Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi
2) Dilengkapi Beragam Tools
3) Template Bervariasi
4) Dapat Diexport ke PDF
5) Memiliki Fitur Kolaborasi
6) Terdapat Fitur Cloud Service
7) Fitur Authoring Sangat Advanced
>KEKURANGAN MS POWERPOINT
- Hanya Bisa Digunakan Pada Platform Microsoft
- Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap Versi
- Harga Terlalu Mahal
- Tergolong Program yang Berat
*RIBBON HOME
• New Slide : Menyisipkan slide yang baru.
• Layout : Menentukan tata letak slide
• Font : Memilih jenis huruf
• Font size : Memilih ukuran huruf
• Grow font : Menaikkan atau memperbesar ukuran huruf (karakter)
• Shrink font : Menurunkan nilai ukuran atau nilai karakter
• Clear Formatting : Menghapus format yang telah dikenakan pada teks
• Bold : Memberikan efek cetak tebal
• Italic : Memberikan cetak miring
• Underline : Menampilkan cetak garis bawah
• Strikethrough : Menampilkan cetak coret dengan garis tunggal
• Shadows : Memberi efek bayangan pada huruf atau teks
• Character Spacing : Mengatur jarak antar karakter
• Change Case : Mengubah huruf dengan fasilitas Case
• Font Colour : Memberi warna pada huruf yang dipilih
• Quick Styles : Memilih bentUk tampilan objek yang telah tersedia
• Shape fill : Memberi warna pada objek
• Shape Outline : Memberi warna pada bingkai objek
• Shape effects : Memberi efek pada objek
*RIBBON INSERT
• Table : Membuat atau menempatkan table pada slide
• Picture : Menyisipkan gambar pada slide presentasi
• Clip Art : Menyisipkan gambar pada slide presentasi
• Shapes : Membuat bentuk, guna melengkapi slide presentasi agar terlihat lebih menarik dan indah
• Smart art : Menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
• Chart : Menyisipkan dan menempatkan grafik dalam slide
• Hyperlink : Menghubungkan antara satu bagian dengan bagian yang lain
• Text box : Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
• Header and Footer : Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
• Word art : Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
• Date and Time : Menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide
• Movie : Menyisipkan movie pada slide
• Sound : Menyisipkan suara pada slide
*RIBBON DESIGN
• Page setup : Mengatur ukuran slide
• Slide Orientation : Mengatur orientasi slide
• Themes : Menampilkan slide presentasi lebih menarik
• Background Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
*RIBBON ANIMATION
• Preview : tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
• Animations : Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
• Transition to This Slide : untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.
*RIBBON SLIDE SHOW
• From beginning : Menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir slide
• From current slide : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
• Custom slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
• Set up slide show : Mengatur tampilan slide
• Hide slide : Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
• Rehearse Timings : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
*RIBBON REVIEW
• Proofing : digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
• Comments : Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
• Protect : Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat
*RIBBON VIEW
• Normal : Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada slide tersebut
• Slide Sorter : Menampilkan secara keseluruhan dari slide yang Anda buat dalam bentuk miniature
• Notes Page : Menampilkan slide lengkap dengan catatan atau keterangan tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu dalam memberikan penjelasan dari setiap point atau bagian pada slide
• Slide Master : Menempatkan dan menambahkan sesuatu, baik teks maupun objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat
• Ruler : Menampilkan atau menyembunyikan garis tabulasi
• Zoom : Menentukan pengaturan ukuran jendela kerja
• Fit to Window : Menentuan tampilan slide presentasi dengan tampilan menyesuaikan dengan jendela Power Point
*RIBBON FORMAT
• Adjust : Menghasilkan tampilan objek gambar yang lebih menarik
• Picture styles : Memilih gaya tampilan objek gambar
Crop : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut
Crop : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut
KEWARGAAN DIGITAL
Kewargaan digital adalah norma perilaku jujur, bertanggung jawab, dan peduli terkait dengan pemanfaatan Informasi dan Teknologi Komunikasi (ICT) secara bersama. Kewargaan digital adalah konsep yang memberikan penyadaran penggunaan teknologi informasi di dunia maya secara bertanggung jawab dengan baik dan benar. Hal ini memiliki banyak implikasi, di antaranya pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi, tidak menyinggung pihak lain dalam memutakhirkan (update) status, tidak menyebarkan ujaran kebencian dan SARA, tidak membuka tautan yang mencurigakan, dan sebagainya.
Konsep Kewargaan Digital
Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat menghindari diri dari kebergantunganpada orang lain. Setiap kali seseorang berinteraksi dengan orang lain, dia harus menjaga
etika bersosialisasi. Dalam kehidupan nyata, seseorang wajib menghormati privasi, hak,
dan kewajiban, serta kepantasan atau norma yang berlaku. Perilaku serupa wajib diterapkan
saat menggunakan teknologi komunikasi dalam jaringan (daring).
Berdasarkan tindakannya kategori warga digital dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
•Memberikan dampak positif bagi orang lain •Menimbulkan efek negatif
Gangguan Teknologi Informasi
1.Back door 2.Trojan horse
3.DoS (Denial of Service)
4.Virus
Menggunakan Internet dengan Aman
a. Lindungi perangkat dan akun terhadap upaya orang lain secara ilegal yang dapat merugikan dengan cara sebagai berikut. •Perbaharui perangkat lunak (termasuk web browser) secara otomatis.
•Pasang antivirus dan perangkat lunak antispyware.
•Jangan pernah mematikan firewall.
•Jika membagikan wirelless, gunakan password.
•Gunakan flash drive dengan hati-hati.
•Pertimbangkanlah sebelum membuka lampiran atau alamat/situs tertentu yang dikirimkan melalui e-mail atau pesan singkat jejaring sosial, meskipun mengetahui pengirimnya.
•Kuncilah ponsel dengan password/pin untuk mencegah orang lain membuat panggilan, SMS, atau mengakses informasi pribadi.
b. Jadilah seorang yang baik •Kuncilah ponsel dengan password/pin untuk mencegah orang lain membuat panggilan, SMS, atau mengakses informasi pribadi.
•Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.
•Bersimpatilah terhadap teman-teman, jangan hanya menjadi pengamat.
•Jangan membagikan informasi pribadi orang yang dikenal tanpa izin mereka,
•misalnya rekan dan anggota keluarga.
c. Berbagilah dengan hati-hati
d. Bergabung dengan cerdas, jujur, dan berhati-hati
Macam-macam Intimidasi :
Intimidasi (Bullying) adalah perilaku agresif yang tidak diinginkan di kalangan anak usia sekolah yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan. Intimidasi mencakup tindakan seperti membuat ancaman, menyebarkan informasi palsu, menyerang seseorang secara fisik atau verbal, dan mengucilkan seseorang dalam kelompok. Perilaku ini diulang, atau berpotensi untuk diulang, dari waktu ke waktu kepada korban yang dianggap lemah.
yaitu dengan mengatakan atau menuliskan suatu hal yang bermakna tertentu. Intimidasi verbal meliputi menggoda, memberikan panggilan nama, mengomentari yang tidak pantas, mengejek, dan mengancam.
*Intimidasi sosial
yang terkadang menyakiti reputasi atau hubungan seseorang. Intimidasi sosial meliputi meninggalkan seseorang dengan sengaja, mengatakan kepada siswa lain untuk tidak berteman dengan seseorang, menyebarkan rumor tentang seseorang, dan memalukan seseorang di depan umum.
*Intimidasi fisik
yaitu perbuatan menyakiti tubuh atau harta benda seseorang. Intimidasi fisik meliputi menekan/menendang/menjepit/mendorong, meludah, mengambil atau menghancurkan barang seseorang, dan gerakan lainnya dengan kasar yang disebabkan anggota tubuh.
•Non Commercial: tidak boleh membuat keuntungan dari konten.
•No Derivatives: tidak boleh mengubah konten.
•Share Alike: dapat mengubah konten, tapi harus membiarkan orang lain menggunakan karya baru dengan lisensi yang sama seperti aslinya. Dengan kata lain, tidak dapat menetapkan hak cipta, meskipun banyak yang diubah
•Bebas digunakan ulang: Memungkinkan Anda untuk menggandakan atau menyebarkan kembali gambar, namun tidak untuk mengubah dan menggubahnya.
•Bebas digunakan ulang dengan modifikasi: Memungkinkan Anda untuk menggandakan dan menyebarkan kembali, sekaligus mengubah dan menggubah gambar yang ditampilkan. •Secara non-komersial: Ciptaan yang menerapkan ketentuan ini tidak dapat Anda gunakan dalam aktivitas komersial.
•Pengingat: Jangan lupa untuk menerapkan Atribusi yang sesuai pada setiap penggunaan gambar. Atribusi merupakan kewajiban pengguna gambar untuk memenuhi hak moral pencipta gambar. Yaitu kewajiban untuk menyebutkan nama, sumber, dan ketentuan lisensi atau “Hak Penggunaan” yang diterapkan pada gambar. Ketentuan ini berlaku pada setiap jenis “Hak Penggunaan” gambar, dan berlaku tanpa batas waktu.
Akses digital (digtal acces)
Transaksi Digital (Digital Commerce)
Komunikasi Digital (Digital Communication)
Digital Hukum (Law Digital)
Hak Digital (rights & responsibility Digital)
Digital Etika ( Etiquette Digital)
Kesehatan Digital (Health Digital)
Keamanan Digital (Security Digital)
KOMUNIKASI DARING
Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter.
JENIS-JENIS KOMUNIKASI DARING
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
2.)DARING ASINKRON
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DARING
- PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan
komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung
lainnya.
- PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
- DAYA NALAR ATAU AKAL (BRAINWARE)
- SALURAN TRANSMIS (INTERNET)
KELEBIHAN KOMUNIKASI DARING
•Efisiensi waktu: komunikasi bisa dilakuakn dengan cepat tanpa membuang-buang waktu dengan melakukan perjalanan.
•Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sembari melakukan komunikasi dalam jaringan, kita bisa memanfaatkan layanan TIK lain untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang bisa digunakan seperti presentasi, dokumen, dan berbagai layar.
•Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi dalam jaringan internet mendorong yang yang terbiasa diam di dunia nyata menjadi aktif berkomunikasi di dunia maya.
•Meningkatkan partisipasi: karena terbukanya jalur komunikasi, maka semakin banyak pula orang yang bisa berpartisipasi dalam diskusi.
KELEMAHAN KOMUNIKASI DARING
•Tidak mewakili emosi pengguna: gerakan tubuh, raut muka, intonasi bicara, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami.
•Banyak informasi yang tidak penting: seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak dan membuat bingung si penerima.
•Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi dalam jaringan tidak pada tempat pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
MANFAAT KOMUNIKASI DARING
2.Sebagai sarana E-Commerce atau perdagangan online.
3.Sebagai sarana E-Learning.
4.Sebagai sarana E-Banking.
5.Sebagai Sarana Riset.
6.Mempermudah peserta didik dan guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi.
7.Akses ke informasi yang berada di tempat yang jauh.
8.Media hiburan interaktif.
CONTOH KOMUNIKASI DARING
2.Text chat dan video call melalui BBM.
3.Text chat dan video call melalui Whatsapp.
4.Video chat melalui Skype.
5.Text chat melalui Facebook.
6.Text chat melalui Messenger.
7.Video call dengan google+ hangout.
8.dan banyak lagi yang lainnya yang mungkin kamu gunakan juga.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar